Review Jurusan Farmasi dan Prospek Kerja Farmasi

Farmasi menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah cara dan teknologi pembuatan obat serta cara penyimpanan, penyediaan, dan penyalurannya.
Pada tahun 2014 dirjen Dikti merilis bahwa  jurusan farmasi berada di posisi 5 sebagai jurusan  dengan peminat terbanyak di Indonesia.
Farmasi sangat terkait  ilmu kedokteran dan kimia. Perbedaannya yaitu  Jika kedokteran mendalami tentang bagaimana cara menyembuhkan pasien lewat penanganan langsung, sedamgkan Farmasi lebih mendalami mengenai obat-obatan yang berfungsi untuk penyembuhan pasien. 
Farmasi belajar tentang bagaimana cara membuat atau meracik obat, sifat – sifat obat, nasib obat di dalam tubuh apabila dikonsumsi pasien, ramuan tradisional, pelayanan obat kepada pasien termasuk memberikan informasi kepada pasien mengenai indikasi,efek samping,dan tata cara penggunaan obat yang baik dan benar. Tidak hanya itu di jurusan farmasi juga belajar tentang ilmu yang berhubungan dengan tubuh manusia baik anatomi, fisiologi, patofisiologi dan lain sebagainya.
Ilmu yang dipakai di jurusan farmasi yaitu menggunakan ilmu kimia sekitar 80%, biologi (15%), dan fisika (5%). Ilmu-ilmu ini nantinya akan digunakan di cabang ilmu farmasi yang lebih spesifik.
Di semester awal apabila anda kuliah di jurusan farmasi, anda masih akan bertemu dengan mata kuliah yang masih umum seperi agama, pancasila, matematika dan lain – lain. Apabila sudah menginjak ke semester yang lebih tinggi anda akan mulai bertemu mata kuliah yang lebih spesifik.
Dalam menjalani kuliah di jurusan farmasi, selain menjalani kuliah di kelas anda juga akan bertemu dengan banyak kegiatan penelitian, hafalan serta praktek kerja . kegiatan – kegiatan tersebut tentu saja yang berhubungan dengan pembuatan dan pemahaman mengenai obat-obatan dan zat – zat penyusunnya.
Lulusan jurusan farmasi dikenal dengan istilah Farmasis. Untuk gelar lulusan farmasi apabila berasal dari perkuliahan dengan jenjang D3 adalah A.Md.Far. sedangkan apabila dari jenjang S1 akan memperoleh gelar S.Farm. dan jika sudah lulus pendidikan profesi apoteker, maka akan memperoleh gelar Apt. Contoh penulisan namanya adalah Pevita Fitri , S.Farm.,Apt. Jumlah total SKS program pendidikan apoteker minimal 28, maksimal 40 SKS (2 semester) yang terdiri dari kegiatan kuliah, kerja praktek & ujian apoteker.
Seorang apoteker diberi wewenang dan tanggung jawab untuk melaksanakan aktifitasyang berhubungan dengan farmasi. Tugas utamanya berdasarkan Undang - undang kesehatan no. 36 tahun 2009 adalah meliputi pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat & obat tradisional.
Saat ini di Indonesia baru ada sekitar 50 .000an apoteker. Sedangkan perbandingan apoteker di Indonesia masih 1 berbanding 8000. angka  ini bisa dikatakan jauh dari ideal. Faktanya bisa anda lihat di beberapa rumah sakit, yang hanya menyediakan satu atau dua orang apoteker saja

Seorang farmasis nantinya jika sudah bekerja akan dihadapkan pada pekerjaan yang memerlukan ketekunan, ketelitian dan kesabaran. Jadi , jika teman – teman ingin kuliah di jurusan farmasi dan menjadi seorang farmais, maka persiapkan untuk memiliki sifat - sifat tersebut.
Produk farmasi sangatlah banyak dan tidak selalu obat – obatan contohnya adalah kosmetik, sabun, shampo, pasta gigi, produk makanan, vaksin, dan lain sebagainya. Jadi bagi anda yang ingin masuk ke jurusan farmasi maka jangan takut untuk masalah prospek, karena jurusan farmasi menawarkan lapangan kerja yang luas.
Prospek Kerja jurusan Farmasi
1. Bidang pemerintahan
Bidang pemerintahan menyediakan kesempatan kerja bagi lulusan jurusan farmasi. terutamanya di Departemen Kesehatan, Dinas Kesehatan, Puskesmas dan pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Lulusan farmasi yang bekerja di instansi pemerintahan tersebut biasanya ditempatkan sebagai pengamat obat-obatan.

2. Tenaga pengajar dan peneliti di bidang Farmasi
Seorang lulusan farmasi berpeluang besar menjadi dosen  di jurusan farmasi dan mengajar di Sekolah Menengah kejuruan farmasi. Di samping bekerja sebagai dosen juga bisa sambil menjadi seorang peneliti. Contohnya melakukan penelitian bermacam -  macam tanaman di indonesia apakah berpotensi untuk menjadi tanaman obat.
Selain itu bisa juga bekerja di lembaga penelitian seperti LIPI dan balitro.
3.Sektor industri
a. industri obat-obatan seperti Kalbe Farma, Bayer, mead Johnsons, dan sebagainya.
b. industri Kosmetik contohnya Mustika ratu, martha Tilaar, Wardah, dan masih banayk lagi
c. industri makanan seperti Wings Food, Indofood, dan maih namayk lagi.
d. industri jamu dan obat tradisional misalnya air mancur, sido muncul, nyonya meneer, atau      deltomed dan sebagainya.
e. Di  bidang industri dan perdagangan yang menjadi penjamin mutu, standar keamanan dan   kualitas produk makanan, obat-obatan maupun kosmetik contohnya Sucofindo.
4. Rumah sakit, laboratorium klinik dan apotek
  Rumah sakit, laboratorium klinik dan apotek juga menyediakan lowongan pekerjaan bagi lulusan farmasi. Untuk bekerja sebagai apoteker maka lulusan farmasi harus mengikuti pendidikan keprofesian apoteker, selanjutnya mereka punya hak untuk mendirikan apotek sendiri.
Saat ini di Indonesia baru ada sekitar 50 .000an apoteker. Sedangkan perbandingan apoteker di Indonesia masih 1 berbanding 8000. angka  ini bisa dikatakan jauh dari ideal. Faktanya bisa anda lihat di beberapa rumah sakit, yang hanya menyediakan satu atau dua orang apoteker saja
5. Dunia perbankan
Lulusan jurusan farmasi ternyata bisa juga berkarir di dunia perbankan, dikarenakan lulusan jurusan farmasi rata – rata merupakan orang teliti dan terlatih untuk tekun dan sifat orang seperti inilah yang dicari di dunia perbankan.
Selain prospek lapangan kerja diatas tentunya masih banyak lapangan kerja sebagai lulusan farmasi. Jadi jangan ragu untuk masuk jurusan farmasi.
Sekian review tntang jurusan farmasi dan apabila teman – teman menginginkan review jurusan lain atau informasi yang belum sempat ditulis silahkan isi kolom komentar dan dengan senang hati akan saya buatkan reviewnya. Terima kasih :D




0 Response to "Review Jurusan Farmasi dan Prospek Kerja Farmasi "

Posting Komentar

Entri Populer