Review Jurusan Teknik Pertambangan dan Prospek Kerjanya

Teknik Pertambangan merupakan salah satu jurusan yang paling diminati di Indonesia, hal ini terbukti dengan membludaknya peminat jurusan teknik pertambanagn dan mulai dibukanya jurusan ini di beberapa kampus. Jurusan ini merupakan salah sau jurusan yang memiliki prospek cerah dengan gaji yang besar. Sekedar info saja gaji fresh graduate di PT freeport bisa mencapai kurang lebih Rp 20 juta. Oleh karena itu jurusan ini masuk ke dalam salah satu jurusan dengan gaji tertinggi. Sebenarnya apa sih Teknik Pertambangan itu? Kali ini penulis akan membahas artikel tentang teknik pertambangan. 

Teknik Pertambangan adalah jurusan yang mempelajari teknologi dan kegiatan/usaha yang berkaitan dengan bahan galian, mulai dari prospeksi, eksplorasi, penambangan , pengolahan, pemurnian, pengangkutan, pemasaran hingga ke kegiatan reklamasi / pasca tambang. 

Perkuliahan di Jurusan Teknik Pertambangan
Pada semester awal kuliah biasanya mahasiswa akan belajar ilmu – ilmu dasar (masih seperti Sekolah Menengah Atas) yang meliputi Fisika, kimia, Kalkulus (matematika), Agama dan pelajaran – pelajaran dasar lainnya. Intinya di semester awal ini mahasiwa masih sedikit belajar ilmu yang menjurus ke Teknik Pertambangan, tapi bukan berarti tidak belajar sama sekali. Biasanya di semester awal ini mahasiswa diberi mata kuliah Geologi dasar.
Teknik Pertambangan


Selama belajar di jurusan ini ilmu yang digunakan banyak menggunakan hitungan salah satunya fisika, tapi jangan khawatir bagi anda yang merasa tidak mengerti fisika itu tidak menjadi masalah karena fisika disini benar - benar terarah untuk ilmu pertambangan (anda tidak akan disuruh menghitung kecepatan orang jatuh dan sebagainya yang mungkin waktu SMA dianggap tidak penting hehehe).

Semakin ke semester atas ilmu yang dipelajari akan semakin menjurus ke teknik pertambangan. Keistimewaan jurusan ini adalah mempelajari juga tentang peledakan.
Peledakan Dalam Pertambangan



Prospek kerja jurusan Teknik Pertambangan
Prospek jurusan ini cukup cerah karena banyak barang yang merupakan hasil olahan barang tambang seperti sendok, garpu hingga emas yang bakal terus dibutuhkan. Jadi jangan khawatir kehabisan pekerjaan. Beberapa bidang yang menerima sarjana teknik pertambangan diantaranya :

1.Instansi Pemerintahan
Lulusan teknik pertambangan bisa juga bekerja sebagai pegawai negeri seperti Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral.

2.Peneliti dan akademisi
Peluang menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi sangat terbuka karena sarja teknik pertambangan lebih banyak bekerja di sektor industri. Ditambah ada berita beberapa perguruan tinggi di Indonesia akan membuka jurusan ini sehingga tentunya akan membutuhkan tenaga pengajar.

3.Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Ada beberapa perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pertambangan seperti PT. Bukit Asam (batubara), PT. Antam (emas), Pertamina, Perum gas negara, PT. Timah dan masih banyak lagi.

4.Perusahaan swasta
Contohnya industri semen, perusahaan minyak dan perusahaan tambang di seluruh dunia. Sekedar info, sarjana tambang berpeluang juga bekerja di Australia karena lulusan Teknik Pertambangan di Australia tidak terlalu banyak karena jurusan teknik pertambangan bukanlah jurusan yang begitu diminati disana karena dianggap tidak fashionable (karena orang lapangan bukan orang yang berpakain rapi seperti di kantor).

5.Wiraswasta
Sarjana teknik pertambangan bisa juga membuka usaha di bidang pertambangan seperti tambang pasir, tambang batuan dan tambang rakyat lainnya atau bahkan membuka perusahaan dalam skala besar seperti tambang emas dan batubara.

Sekian review tntang jurusan teknik pertabambangan dan apabila teman – teman menginginkan review jurusan lain atau informasi yang belum sempat ditulis silahkan isi kolom komentar dan dengan senang hati akan saya buatkan reviewnya. Terima kasih :D











0 Response to "Review Jurusan Teknik Pertambangan dan Prospek Kerjanya"

Posting Komentar

Entri Populer