Review lengkap jurusan teknik lingkungan dan prospek kerjanya


Teknik Lingkungan adalah suatu jurusan yang mempelajari bagaimana memecahkan berbagai macam  permasalahan lingkungan menggunakan pendekatan teknologi. Di jurusan ini mempelajari ilmu – ilmu diantaranya : pemantauan kualitas air, tanah, dan udara, perencanaan pengolahan air minum, pengelolaan sampah, sistem pengelolaan buangan cair, padat serta gas,.sistem penyediaan air minum, sistem drainase, sanitasi lingkungan, pengendalian tingkat pencemaran serta pengelolaan dampak lingkungan.

Perguruan tinggi yang paling pertama memiliki program studi teknik lingkungan dii Indonesia yaitu ITB. Oleh karena itu ITB sering dianggap kampus dengan jurusan teknik lingkungan terbaik se-Indonesia. Teknik Lingkungan di ITB berada di bawah naungan FTSL.

Di kampus – kampus di Indonesia Teknik Lingkungan berada di bawah Fakultas Teknik, di beberapa perguruan tinggi  program studi ini masuk ke Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Biologi, Fakultas Teknologi Mineral, bahkan Fakultas Pertanian.

Sekedar informasi untuk anda, ada satu - satunya jurusan Teknik lingkungan di Indonesia yang terfokus ke lingkungan kebumian, yaitu teknik lingkungan UPN Veteran Yogyakarta. Perbedaan teknik lingkungan UPN dengan teknik lingkungan di kampus lainnya yaitu  teknik lingkungan UPN tidak hanya mempelajari tata lingkungan suatu kota, tetapi juga mempelajari tentang masalah kebumian sehingga ada mata kuliah seperti geologi dasar, mineralogi petrologi dan berbagai ilmu kebumian lainnya (termasuk ilmu yang berkaitan dengan geologi, tambang dan minyak) . Oleh karena itu alumni teknik lingkungan UPN banyak yang bekerja di perusahaan tambang maupun minyak dan gas . oleh seab itu teknik lingkungan di UPN masuk ke Fakultas Teknologi Mineral.

Kuliah di program studi Teknik Lingkungan tidak hanya mempelajari kimia dan biologi saja karena  hampir Semua ilmu sains diterapkan teknik lingkungan. Selain itu, program studi Teknik Lingkungan tidak hanya berisi aktivis lingkungan saja, jadi tidak perlu khawatir untuk maemilih jurusan ini jika anda merasa masih awam mengenai permasalahan lingkungan. Semua mahasiswa di teknik lingkungan sama-sama belajar untuk membuat masyarakat hidup nyaman, yaitu dengan cara mengaplikasikan teknik rekayasa dengan harapan dapat menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik.


Beberapa Hal yang dipelajari di teknik Lingkungan :
 1. Rekayasa air (diantaranya meiliputi air minum dan air bersih)
Setiap hari tentunya manusia membutuhkan air baik untuk minum, mandi, mencuci ataupun kegiatan lainnya. Tetapi apakah anda tahu siapa yang memiliki keahlian mengelola air? Jawabannya Sarjana Teknik Lingkungan lah yang memiliki skill mengelola air ini. Mahasiswa teknik lingkungan mempelajari cara membuat desain instalasi pengolahan air minum (IPAM),  proses yang terjadi, hingga cara mendistribusikan air sesuai kebutuhan masyarakat.

2.  Rekayasa air buangan domestik
Air buangan berasal dari macam - macam kegiatan manusia sehari-hari. Air tersebut diolah dengan instalasi pengolahan air limbah (IPAL), atau diolah di unit pengolahan lain contohnya septic tank. Tugas lulusan teknik lingkungan ini diantaranya adalah membuat desain unit pengolahan tersebut. Selain itu jika anda menjadi mahasiswa di  jurusan ini juga akan diberi ilmu mengenai desain saluran air hujan (drainase) dengan tujuan agar tidak terjadi genangan air atau banjir

3.  Sanitasi Masyarakat
Jika anda ingin lebih dekat dengan masyarakat, maka jurusan Teknik Lingkungan adalah jalan yang bisa membuat anda dekat dengan masyarakat karena di jurusan ini dipelajari sanitasi masyarakat yang mempelajari bagaimana cara menyediakan infrastruktur sanitasi dan air minum yang benar – benar sesuai dengan karakter dan kebutuhan masyarakat di suatu wilayah. Jadi dalam hal ini masyarakatkan dilibatkan dalam membuat desain MCK dan mengajak masyarakat untuk terlibat dalam pengelolaan sampah di wilayah mereka. Intinya dalam belajar sanitasi masyarakat ini mahasiswa teknik lingkungan dapat langsung menerapkannya, bisa melalaui aktifitas pengabdian  di suatu masyarakat yang seringnya membahas mengenai MCK, air minum, atau  masalah sampah.

4. Rekayasa air buangan industri
Lulusan Teknik Lingkungan masih sangat diperlukan dalam hal pengelolaan limbah atau buangan dari suatu  kegiatancindustri. Teknik lingkungan merupakan jurusan yang akan membekali anda kemampuan untuk membuat desain IPAL untuk industri dan proses apa yang mesti dilakukan pada pengelolaan pengolahan air limbah industri agar mencapai standar baku mutu lingkungan dan limbah berada di kadar aman jika dibuang ke lingkungan.

5. Pengelolaan sampah
Jurusan Teknik Lingkungan kalian merupakan tempat untuk mempelajari bagaimana mengelola sampah suatu daerah dengan baik dan benar, meliputi penyortiran di sumber sampai membuat desain tempat pembuangan akhir sampah yang baik dan benar. Masalah sampah memang teus menjadi problem utama terutama di kota – kota besar, oleh sebab itu sarjana teknik lingkungan tentunya masih sangat diperlukan.
6.  Pengelolaan limbah B3
Bahan yang berbahaya dan beracun contohnya jenis logam berat kerap dipakai dalam kegiatan industri. Bahan B3 ini pada akhirnya akan keluar menjadi limbah, yang tentu saja tidak aman bagi lingkungan sekitar juga kesehatan manusia.  Jurusan Teknik Lingkungan akan membekali mahasiswanya cara mengelola limbah B3 tersebut dengan berbagai teknologi yang tepat dan terus berkembang dalam hal pengelolaan limbah B3

7.  Pengendalian Pencemaran Udara
Pencemaran udara daari waktu ke waktu terus meningkat karena asap kendaraan dan aktifitas berbagai industri. Nah ini jika anda tertarik mengatasi masalah ini maka masuk ke jurusan Teknik Lingkungan merupakan pilihan yang tepat. Anda akan dibekali pengetahuan tentang udara, mulai dari persebaran emisi sampai mennentukan kadar polutan di sebuah wilayah. Mahasiswa teknik lingkugan juga dibekali cara membuat desain unit pengendali pencemaran udara agar polutan-polutan yang berbahaya agar daerah tempat tinggal kita  tidak tercemar.

8.    Kesehatan Lingkungan
Pada jurusan teknik lingkungan kalian anda akan dibekali ilmu tentang elemen-elemen lingkungan seperti hidrosfer, atmosfer, dan sebagainya. Mahasiswa teknik lingkungan juga mengkaji penyakit apa yang bisa terjadi dan melalui  media apa penyakit tersebut menyebar. Dalam belajar kesehatan lingkungan topik dipelajari juga  cara menghitung kadar racun suatu limbah, apakah berbahaya untuk lingkungan atau tidak. Dalam hal ini ilmu Teknik Lingkungan lebih mengarah ke upaya mencegah atau menghambat tersebarmya penyakit melalui kegiatan menciptakan lingkungan hidup yang baik dan sehat.

9.    Pengelolaan Lingkungan
Dalam hal ini mahasiswa mempelajari cara  agar limbah tidak menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan Di pengelolaan lingkungan ini mahasiwa dibekali contoh kasus tentang lingkungan, meneliti efek kegiatan maanusia terhadap lingkungan dan mempelajari penerapan sistem manajemen lingkungan dalam suatu industri maupun kegiatan lainnya.


Prospek Kerja
Jurusan ini merupakan jurusan yang  harus memperbanyak lulusannya karena anda pasti tahu bagaimana rusaknya kondisi lingkungan kita, terutama di daerah kota yang sangat parah. Keadaan alam juga semakin rusak karena macam – macam  industri,sampah, pertambangan dan  aktifitas lainnya yang dikerjakan manusia sehingga dapat memperburuk kualitas lingkungan. Hal inilah yang membuat sarjana teknik lingkungan sangat diperlukan pada saat ini dan akan terus diperlukan hingga masa depan untuk mengatasi masalah lingkungan.

Lapangan kerja Teknik lingkungan
1. Instansi Pemerintahan
Sarjana teknik lingkungan bisa bekerja sebagai  ahli lingkungan hidup di berbagai departemen diantaranya PU,ESDM,Depdagri,KLH,BPLH,BPLHD Kimpraswil dan PDAM

2.LSM/NGO Lingkungan Hidup
Sarjaan teknik lingkungan dapat mengabdi langsung ke msayarakat melalui lembaga swadaya masyarakat nasional maupun internasional contohnya WWF, WHO, WALHI, Greenpeace dan sebagainya

3. Industri
Hampir semua industri membutuhkan sarjana teknik lingkungan termasuk industri pertambangan, minyak dan gas yang menawarkan gaji yang besar. Dalam hal ini sarjaan teknik lingkungan dapat menempati berbagai  posisi diantaranya Safety Health and Environment (SHE)
4. lain – lain
Selain yang disebut diatas masih banyak lagi lapangan kerja bagi teknik lingkungan seperti Konsultan Lingkungan, wiraswasta, Melakukan pekerjaan proyel -  proyek penting level nasional bahkan internasional Ahli pakar Lingkungan di suatu perusahaan makanan, atau produk kebutuhan manusia, Dosen, Greenpreneurship dan masih banyak lagi pekerjaan yang membutuhkan sarjana teknik lingkungan,




"only when the last tree has died, the last water has poisoned and the last fish been caught will we realise we cannot eat money"



Sekian review tentang jurusan teknik lingkungan dan apabila teman – teman menginginkan review jurusan lain atau informasi yang belum sempat ditulis silahkan isi kolom komentar dan dengan senang hati akan saya buatkan reviewnya. Terima kasih :D

2 Responses to "Review lengkap jurusan teknik lingkungan dan prospek kerjanya"

  1. minta contoh pekerjaan yang biasa biasa aaja ada kagak

    BalasHapus
  2. hidup teknik lingkungan upv v yk

    BalasHapus

Entri Populer