Perkuliahan Teknik Industri dan Prospek Kerja Teknik Industri

Apa itu teknik industri? apa saja yang dipelajari di teknik industri? Bagaimana prospek kerja teknik industri? untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut marilah kita review tentang jurusan teknik industri.
Teknik Industri adalah salah satu jurusan di perguruan tinggi yang bisa dikatakan merupakan ilmu gabungan dari ilmu keteknikan dan ilmu sosial/manajemen karena Dalam perkuliahan di jurusan teknik industri mahasiswa akan diajarkan bagaimana cara merancang, mengelola, serta menerapkan semua elemen-elemen seperti manusia, mesin, metode, material, lingkungan menjadi sebuah sistem dalam lingkup yang berkaitan dengan fungsi pabrik, contohnya  penelitian operasional, penelitian dasar, rekayasa-rekayasa industri, pembuatan desain produk, perancangan sistem kerja, pengembangan sebuah produk baru, perawatan mesin, sistem produksi sampai pada kualitas hingga ke pelayanan purna jual terhadap sebuah produk tadagar tercapai prosedur operasi/kerja sistem yang efektif dan efisien.


Belajar Apa Saja di Teknik Industri ?
Teknik Industri

Teknik Industri bisa dikatakan sebagai gabungan dari ilmu matematika, fisika, ilmu teknik serta aktivitas bisnis contohnya  pengembangan sumber daya manusia,sistem pemasaran, keuangan, dan sebagainya yang fundamental dengan prinsip-prinsip dan metode-metode dari desain dan analisis keteknikan.
Walaupun teknik industri adalah gabungan dari berbagai disiplin ilmu, tetapi Teknik Industri tetap berinduk pada keilmuan teknik yaitu proses perancangan (desain). Obyek yang dirancang pada Teknik Industri adalah suatu sistem, bukan sesuatu yang konkret/dapat dilihat contohnya jembatan, bangunan, gedung, pesawat terbang, dan lain sebagainya. 
Jurusan teknik industri  mempelajari tentang banyak hal. Mahasiswa teknik industri tidak cuma belajar tentang sains, ilmu sosialpun dipelajari di teknik industri. Teknik industri itu mencakup wilayah yang luas, sehingga banyak pelajaran di jurusan lain yang mahasiswa teknik industri pelajari walaupun tidak mendetail seperti yang diajarkan di jurusan khusus. Intinya Yang dipelajari di jurusan teknik industri sangat bermacam-macam, mahasiswa teknik industri belajar  mulai dari hal-hal teknis sampai hal-hal manajerial . Pelajaran-pelajaran yang diajarkan di teknik industripun bervariasi, mulai dari  hitungan, logika, konsep, pengertian, hafalan, dan sebagaiya. Apabila anda masuk ke jurusan Teknik Industri, umumnya pada Tingkat Pertama anda akan diajarkan Mata Kuliah yang sebenarnya di sekolah menengah ataspun sebenarnya sudah pernah diajarkan. contohnya : Matematika Dasar, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris, Pancasila,tetapi ada beberapa tambahan mata kuliah seperti  Pengantar Teknik Industri, Konsep Teknologi, Gambar Teknik, serta Pengantar Ilmu Ekonomi. 
Di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, jurusan Teknik Industri dibagi menjadi 3 bidang keahlian, yaitu Sistem Manufaktur, Manajemen Industri, dan Sistem Industri dan Tekno Ekonomi.Pada dasarnya, ilmu Teknik Industri dapat dibagi ke dalam tiga bidang keahlian, yaitu: 
1.Sistem Manufaktur
Sistem manufaktur merupakan suatu sistem yang menggunakan pendekatan teknik industri dengan tujuan agar dapat meningkatkan produktivitas, kualitas dan efisiensi sistem integral yang didalamnya terdiri dari manusia, mesin, material, energi, serta informasi melalui sebuah proses perencanaan, perancangan,  pengoperasian, pengelolaan, pemeliharaan, serta perbaikan dengan menjaga keselarasan aspek manusia dan juga lingkungan kerjanya.
2. Manajemen Industri
Manajemen industri merupakan bidang yang menggunakan pendekatan teknik industri dengan tujuan agar dapat menciptakan dan meningkatkan nilai sistem usaha melalui  fungsi serta proses manajemen yang bertumpu pada keunggulan sumber daya manusia untuk menghadapi lingkungan usaha/industri yang dinamis. Manajemen industri cenderung fokus ke arah permasalahan yang sifatnya makro dan strategis. Permasalahan yang dihadapi biasanya sudah tidak ada sangkut pautnya dengan masalah yang terjadi di sektor produksi (sistem produksi) maupun manajemen produksi ataupun industri, tetapi biasanya sudah beranjak ke permasalahan yang terjadi diluar dinding-dinding pabrik.
3. Bidang keahlian Sistem Industri dan Tekno-Ekonomi. 
Bidang keahlian Sistem Industri dan Tekno-Ekonomi menggunakankan pendekatan Teknik Industri dengan tujuan agar dapat meningkatkan daya saing sistem integral (tenaga kerja, bahan baku, energi, informasi, teknologi, serta infrastruktur) yang berhubungan dengan komunitas bisnis, masyarakat, serta pemerintah.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri & Swasta yang terdapat Teknik Industri Berakreditasi A

Berikut ini beberapa perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi  swasta yang memiliki jurusan teknik industri dengan akreditasi A ;
1.Institut Teknologi Bandung
2.Institut Teknologi Sepuluh Nopember
3.Institut Teknologi Telkom 
4.Universitas Diponegoro 
5.Universitas Gadjah Mada
6.Universitas Gunadarma 
7.Universitas Indonesia
8.Universitas Islam Indonesia
9.Universitas Katolik Parahyangan
10.Universitas Kristen Petra
11.Universitas Sebelas Maret
12.Universitas Surabaya 
13.Universitas Telkom 
14.Universitas Trisakti


Prospek Kerja Teknik Industri

Prospek kerja teknik industri masih terbilang bagus karena Peluang berkembangnya ilmu serta profesi di teknik industri masih sangat besar. Usaha pengembangan keilmuan serta profesi teknik industri ini sangat cocok utamanya pada negara-negara padat karya contohnya Indonesia serta beberapa negara lainnya. Hal ini tentunya tidak sama seperti negara-negara maju yang sudah menuju ke dunia otomasi industri, yang bisa dikatakan sebagian besar aktivitas operasional produksi mereka sudah menggunakan robot, negara-negara berkembang masih memanfaatkan sumber daya manusia sebagai potensi utama dalam dunia industri.
Hal ini lah yang memungkinkan keilmuan teknik industri dengan skill teknis operasionalnya (engineering design/process), penguasaan mengenai faktor manusia, serta kemampuan untuk memformulasikan dan menciptakan konsep-konsep baru yang efektif dan efisien sehingga diharapkan bisa diaplikasikan dengan baik agar bisa menciptakankan perbaikan-perbaikan serta peningkatan yang menyeluruh sehingga dapat melahirkan terobosan dalam mengatasi masalah-masalah di bidang industri yang semakin hari semakin kompleks juga penuh dengan ketidakpastian. Dan untuk masalah gaji lulusan teknik industri tentunya hal ini tergantung pada dimana perusahaan tempat bekerjanya.

Prospek kerja teknik industri meliputi beberapa bidang seperti :
Bidang sistem informasi
Posisi yang biasanya ditempati lulusan Teknik Industri diantaranya staf IT, staf dalam instalasi sistem informasi, bahkan banyak alumni teknik industri yang berwira usaha di bidang software house. Perusahaan yang membutuhkan lulusan Teknik Industri contohnya: SAP Indonesia, Oracle Telekomsel, Pertamina, P&G, dan lain-lain.

Bidang produksi atau operasi dan penjaminan mutu
Sarjana atau lulusan Teknik Industri sangat diperlukan khususnya untuk mengelola perencanaan serta pengendalian produksi, pengendalian kualitas, pengembangan sistem manajemen kualitas. Hampir semua perusahaan membutuhkan ini, khususnya perusahaan manufaktur contohnya Toyota Astra Motor, PT Rekayasa Industri, PT Krakatau Steel, dan lain-lain.

Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia 
Bidang sumber daya manusia tentunya membutuhkan juga penanganan mulai dari masalah rekruitmen, pengembangan sistem penggajian serta manajemen personalia termasuk pengembangan SDM dalam pelatihan. Lulusan Teknik Industri yang bekerja di sektor ini contohnya di PT Semen Padang, P & G, dan lain-lain. 

Pemasaran 
Beberapa posisi yang didudukii oleh alumni Teknik Industri contohnya Market Research, Technical Sales, dll. Misalnya di perusahaan P & G, Unilever, Nestle, Astra, dan lain sebagainya.

Bidang Logistik 
Perencanaan serta pengelolaan sistem distribusi adalah bidang yang mulai banyak dimasuki oleh alumni Teknik Industri misalnya di Petrokimia, PT Semen Gresik, dan lain sebagainya. 

Bidang Konsultasi Manajemen 
Peran luulsan teknik industri dalam perencanaan sebuah pengelolaan contohnya bekerja di Boston Consulting Group, Accenture, Nielsen Company, dan lain sebagainya.

Bidang keuangan 
Lulusan teknik industri bisa juga bekerja di sektor keuangan. contohnya BNI, Bank Mandiri, Bank Niaga, dan lain-lain.

Bidang pendidikan (dosen/peneliti)
Lulusan teknik industri bisa juga bekerja di bidang pendidikan contohnya menjadi dosen ataupun hal lainnya yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

Bagaimana? apakah anda berminat masuk ke teknik industri? Sekian review jurusan teknik industri dan apabila ingin review jurusan lainnya silahkan bisa request di kolom komentar. terimakasih semoga bermanfaat. 


8 Responses to "Perkuliahan Teknik Industri dan Prospek Kerja Teknik Industri "

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA Di Jamin Murah!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085363402103
    PIN : D364EDCB

    BalasHapus
  2. Apakah di bidang Acounting bisa termasuk atau bukan(ya/tidak)?
    ***Ya = dengan bagaimana ?
    **Tidak = Dengan bagaimana?

    BalasHapus
  3. Plz kl ada loker utk s1 teknik industri hrp kontak saya. Utk sahabat saya namanya ilham. Nmr ilham: +628119723333

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL NYATA





      Hapus
  4. Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya
    LPK NAVITA


    Tempat Pelatihan Orang Mandiri

    Pelatihan Jahit, Kaos, Tas, Bordir, Jilbab, Sulam Pita, Payet, Selimut, Bantal, Aneka Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca, Batik, Daster, Bed Cover, Kebaya, Korden, Rajut, Sablon, Jahit Kucing/Anjing, Desain Baju, Kamisol, Gamis, Jilbab lebar, Manik-Manik, Pakaian Dalam


    Mudah-Murah-Hemat-Terampil

    Kenapa memilih LPK Navita:

    Belajar dengan menyenangkan
    Minim ujian
    Guru dididik secara khusus dengan pengalaman
    Murid diberikan kebebasan
    Minim sistem rangking
    Menganut paham "less is more"
    Menetapkan standart sendiri
    Sesama LPK tidak bersaing, tidak memperebutkan murid untuk keuntungan
    Lebih Cepat Selesai
    Lebih Cepat Meningkatkan Penghasilan
    Lebih Banyak dicari di dunia kerja
    Berpengalaman sejak 2003
    Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
    Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
    Magang
    GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
    Biaya Mulai 350rb/program
    Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
    Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
    Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil


    Jalan Veteran No. 28
    yogyakarta
    HP. 085740028487
    PH.(0274)450326



    buka cabang di sleman :

    Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
    Godean Sleman Yogyakarta
    HP. 085740028487
    pin BB 75F08617

    Kursus Jahit Bordir

    BalasHapus
  5. Luas banget ya ilmu n prospek kerja teknik industri. mantab

    BalasHapus
  6. mau nanya SMK jurusan. adm perkantoran bisa ngk mau teknik industri.

    BalasHapus

Entri Populer