Review Jurusan Teknik Geologi, Lapangan kerja dan Prospek Kerjanya.

Apa yang anda ketahui tentang teknik geologi? Dimanakah lulusan teknik geologi akan bekerja ? bagaimana prospek kerja teknik geologi ? untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, kali ini penulis akan sharing tentang jurusan teknik geologi, lapangan kerja hingga prospek kerjanya. Jurusan ini sangat menggiurkan loh, untuk mengetahui lebih dalam marilah kita bahas artikel tentang jurusan/program studi teknik geologi

Geologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata geos dan logos. Geos maknanya Bumi dan Logos bermakna ilmu. Jadi secara mudahnya bisa diartikan ilmu yang mempelajari bumi dan Teknik Geologi bisa diartikan sebagai sebuah ilmu yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan bumi mulai dari inti bumi hingga kerak bumi (litosfer) meliputi : struktur bumi, apa bahan penyusun bumi, bagaimana bentuk muka bumi, jenis dan bentuk batuan, sifat fisik dan kimianya, bagaimana proses pembentukan bumi dan sejarah bumi, gunung api, panas bumi, gempa bumi, maupun proses dipermukaan seperti erosi, pengendapan dan perubahan lain terhadap batuan serta penerapan geologi di berbagai bidang seperti Geologi Tata Lingkungan, Geologi Teknik, Hidro Geologi, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Geologi Tambang dan lain sebagainya. Dalam pembelajarannya mahasiswa teknik geologi juga diajarkan tentang lingkungan, kekuatan bahan, statistika, konstruksi, geofisika, perminyakan, pertambangan, analisis, serta software-software tertentu yang berhubungan dengan ilmu geologi.
teknik geologi


Geologi berhubungan dengan ilmu dasar yang lain, contohnya matematika kimia, biologi, fisika. Di luar negeri, geologi tergabung dalam fakultas Earth Science, dan seorang ahli geologi disebut scientist, sedangkan di Indonesia, geologi tergabung ke dalam ilmu terapan dan lulusan geologi pun disebut sebagai engineer dan bergelar Sarjana Teknik.

Belajar geologi merupakan sesuatu yang menarik karena mempelajari kejadian lampau (past) dengan melakukan pengamatan kejadian alam yang terjadi di masa sekarang (present), karena apa yang terjadi di bumi saat ini merupakan efek dari masa lalu. Jadi sebenarnya apa yang terjadi di bumi saat ini bisa untuk memprediksi kejadian masa depan sesuai prinsip the present is the key to the past, and future.

Jika anda menjadi mahasiswa Teknik Geologi, selain mengikuti perkuliahan di kelas anda juga akan mengikuti berbagai kegiatan di laboratorium. Selain itu anda akan banyak beraktifitas di Lapangan yaitu melakukan Fieldtrip, Ekskursi, Kuliah Lapangan, dan sebagainya. Karena dalam dunia kerja nantinya, seorang ahli Geologi akan banyak turun ke lapangan sehingga diharapkan tidak kaget jika berada di lapangan dalam waktu yang lama.


Penerapan ilmu sarjana Teknik Geologi mencakup sektor yang sangat luas diantaranya yaitu:, pengelolaan lingkungan (ketersediaan air tanah, mitigasi gerakan tanah, penentuan tempat pembuangan limbah, dan lain - lain), pengelolaan sumber daya air (pengembangan air tanah, pengelolaan mata air, pemanfaatan daerah aliran sungai, dan lain - lain), penataan; perencanaan; serta pengembangan suatu daerah, konstruksi (jalan, jembatan, bendungan, gedung bertingkat, bunker, terowongan, dan sebagainya), penerapan ilmu geologi dalam pencarian atau eksplorasi dan pengelolaan sumber daya alam (minyak bumi, batubara, panas bumi, dan lain – lain ).


Prospek Jurusan Teknik Geologi
Untuk ke depannya, prospek kerja Jurusan teknik geologi ini masih sangat cerah, karena masih sangat dibutuhkannya lulusan geologi di berbagai bidang yang Secara umum dapat dibagi beberapa sektor keahlian , sebagai berikut:

1.Geologi bidang ekstraksi, yaitu ahli geologi yang terampil dalam mencari dimana tempat sumber daya alam berada, seperti Air tanah, Minyak bumi , Geotermal (panasbumi), batubara, Mineral (bijih besi, emas, perak, nikel,timah, bauksit, uranium, dsb.) 

2.Geologi bidang mitigasi adalah ahli geologi yang pandai dalam manajemen bencana alam sehingga diharapkan dapat mengurangi adanya dampak buruk yang terjadi akibat suatu bencana alam diantaranya: Tsunami, , Tanah longsor, Land subsidence (amblesan tanah), Gempabumi, Banjir, Letusan gunung api 

3.Geologi bidang perencanaan wilayah dan tata kota, yaitu ahli geologi yang berperan di bidang perencanaaan tata wilayah suatu daerah. Bidang yang ditekuninya antara lain: Geologi lingkungan, Konstruksi gedung, jembatan, rel kereta, bendungan, jalan raya, Rekayasa geologi, Geologi teknik 

Dengan ilmu yang mencakup cukup wilayah yang luas , maka sarjana teknik geologi sangat mungkin untuk diterima di tempat manapun. Mayoritas sarjana teknik geologi bekerja industri perminyakan dan pertambangan, sehingga yang berkarir di bidang kebencanaan, tata ruang kota dan bidang lainnya masih tidak terlalu banyak sehingga prospek kerja ke depan masih terbuka lebar. 


Lapangan kerja Sarjana Teknik geologi

1.Bekerja di industri.
Industri pertambangan serta minyak dan gas sangat memerlukan skill sarjana Teknik Geologi, karena sarjana Teknik Geologi diharapkan bisa membuat planning, memantau hingga melakukan evaluasi dalam proses eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam, sehingga hasil yang didapat bisa sesuai target. Jadi sarjana geologi dapat bekerja di perusahaan tambang seperti pada perusahaan tambang emas (FREEPORT, NEWMONT, ANTAM, INCO dan sebagainya), tambang batubara (Kaltim Prima Coal, BERAU COAL, BHP Bilinton, ADARO, BUKIT ASAM dan sebagainya). Sarjana geologi bisa juga bekerja di perusahaan minyak dan gas baik milik lokal maupun asing seperti pertamina, minyak asing TOTAL, VICO, KONDUR, UNOCAL, EXXON MOBIL dan masih banyak lagi.

2.Sebagai Konsultan. 
Lulusan teknik Geologi bisa berperan sebagai konsultan pada industri jasa geologi seperti GEOSERVICE, CORELAB, SCHLUMBERGER, GEOPROLOG, dan sebagai ahli di macam - macam konsultan yang terdapat di republik Indonesia yang tergabung dalam INKINDO. 

3.Sebagai akademisi
Seorang sarjana program Teknik Geologi bisa bekerja sebagai dosen di program studi/jurusan teknik geologi dan bisa juga mengajar mata kuliah yang masih berkaitan dengan teknik geologi di jurusan lain, seperti di jurusan Geografi, Biologi, Teknik Sipil dan Pertanian. Bisa juga sebagai guru di Sekolah Menengah kejuruan di beberapa sekolah yang mempunyai jurusan geologi pertambangan.

4.Sebagai peneliti di lembaga penelitian ataupun lembaga pengembangan.
Lulusan Teknik Geologi bisa menjadi peneliti di lembaga penelitian dan pengembangan pemerintah misalnya di dinas-dinas untuk mengembangkan penelitian agrogeologi dan potensi bahan tambang. Selain itu sarjana Teknik geologi bisa menadi peneliti dalam skala nasional sepeti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Geologi (Pusat Survei Geologi, PPPTMGB Lemigas), Dinas Pertambangan, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, PPT MIGAS, Puslitbang TEKMIRA, BPPT, BMG.

5.Sebagai wirausahawan
Lulusan teknik geologi dapat juga menjadi motor penggerak di sektor geologi industri dengan memanfaatkan sumber daya daerah, sarjana Teknik Geologi dapat berinisiatif dan berkreasi untuk membuka lapangan kerja baru, sehingga potensi yang ada pada sebuah daerah dapat diambil dan dimanfaatkan secara baik dan benar. Potensi barang tambang maupu bahan galian yang ada bisa dipakai untuk bahan baku industri ataupun kerajinan sehingga diharapkan bisa membuka lapangan kerjaan bagi masyarakat suatu daerah.

Daftar Perguruan Tinggi atau universitas yang memiliki jurusan Teknik Geologi diantaranya :
1. Institut Teknologi Bandung 
2. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta 
3. Universitas Padjadjaran Bandung 
4. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta 
5. Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta 
6. Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta 
7. Universitas Diponegoro Semarang 
8. Universitas Hasanuddin Makassar 
9. Universitas Trisakti Jakarta 
10. Institut Sains & Teknologi TD Pardede Medan 
11. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya 
12. Institut Teknologi Medan 
13. Sekolah Tinggi Teknologi Mineral Indonesia Bandung 
14. Universitas Jenderal Soedirman 
15. Universitas Kutai Kartanegara 
16. Universitas Ottow Geissler Jayapura 
17. Universitas Pakuan Bogor 
18. Universitas Sains & Teknologi Jayapura
19. Universitas Victory Sorong
20. Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
21. Politeknik Geologi dan Pertambangan AGP (D3)) 
22. Universitas Negeri Papua (D3)
23. Universitas Ottow Geissler Jayapura 

Bagaimana? apakah anda berminat masuk teknik geologi? Sekian review tentang jurusan teknik geologi dan apabila teman – teman menginginkan review jurusan lain atau informasi yang belum sempat ditulis silahkan isi kolom komentar dan dengan senang hati akan saya buatkan reviewnya. Terima kasih :D


0 Response to "Review Jurusan Teknik Geologi, Lapangan kerja dan Prospek Kerjanya. "

Posting Komentar

Entri Populer