Kuliah di Teknik Informatika dan Prospek Kerja Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah salah satu jurusan dengan peminat terbanyak di Indonesia. Jumlah peminat yang banyak tersebut untungnya didukung dengan prospek kerja yang cukup bagus dan menjanjikan bagi sarjana lulusan teknik informatika karena bidang teknologi dan informatika merupakan bidang yang terus berkembang sehingga masih membutuhkan banyak tenaga kerja.
Teknik informatika adalah jurusan yang pada dasarnya menginduk pada ilmu komputer, teknik informatika bisa diartikan merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang didalamnya diajarkan tentang menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan semaksimal mungkin teknologi komputer. 








Bidang - bidang ilmu yang dipelajari di jurusan teknik informatika diantaranya : 
1. Sistem Informasi
Mahasiswa teknik informatika akan dibekali ilmu tentang kerangka dan konsep sistem informasi, teknik perancangan, pengembangan, pengetesan, dan pemeliharaan sistem perangkat lunak. Lulusan dari sistem informasi ini mempunyai prospek yang besar untuk berkarir sebagai software tester, sistem analis dan sistem integrator, maupun programmer. 

2. Pemrograman dan Komputasi Jurusan 
Dalam Pemograman dan komputasi diajarkan mengenai bahasa pemrograman komputer dan logika dalam bidang komputasi yaitu bagaimana mengatasi masalah dalam ruang lingkup komputasi, komputasi Paralel, sistem terdistribusi, dan teknologi antar jaringan berdasarkan logika pemrograman. Lulusan bidang pemrograman dan komputasi memiliki prospek besar berkarir sebagai programmer, IT consultant, web engineer, dan lain-lain.

3.Rekayasa Perangkat Lunak 
Pada bidang ini tentunya difokuskan pada ilmu seputar rekayasa perangkat lunak (software). Mahasiswa yang mengambil bidang ini akan dibekali ilmu atau materi tentang rekayasa perangkat lunak seperti analisa dan desain obyek, inspeksi perangkat lunak, rekayasa perangkat Lunak, penyempurnaan proses rekayasa,  dan pemrograman basis data client server. Prospek kerja lulusan bidang ini antara lain software tester, IT consultant, software engineer, system analyist, dan lain-lain. 

4.Arsitektur dan Jaringan Komputer 
Arsitektur dan jaringan komputer mempelajari tentang arsitektur komputer, sistem digital, sistem mikroprosesor, organisasi komputer, elektronika,  jaringan Komputer, dan pengembangannya. Contoh prospek kerja yang bagus di bidang ini adalah sebagai Computer Network/Data Communication Engineer. 



Prospek Kerja Sarjana/Lulusan Teknik Informatika
Bidang aplikasi komputer merupakan sesuatu yang terus berkembang dan zaman sekarang hampir tidak ada sektor yang tidak tersentuh teknologi komputer. hal ini membuat prosek kerja teknik informatika sangat cerah dan terbuka lebar. Berikut ini beberapa daftar prospek kerja lulusan Teknik informatika:

1. Programmer
Programmer bertugas membuat sebuah program yang berguna dalam kehidupan. Seorang programmer biasanya membuat perangkat lunak (program) untuk kepentingan industri, pertelevisian, perbankan, media, instansi tertentu dan berbagai sektor lainnya dengan tujuan untuk memudahkan dalam pengembangan sektor-sektor tersebut.

2. Software Engineer

Software engineer memiliki pekerjaan meneliti, merancang, mengembangkan, menguji, serta memelihara sistem software untuk memenuhi keperluan seperti pada bidang pendidikan, bisnis, hiburan dan bidang-bidang lainnya.

3. IT Consultant
Sarjana teknik informatika juga bisa berkarir sebagai seorang konsultan IT (Teknologi Informasi) dengan berbagai ilmu yang telah diajarkan dan dikuasai selama kuliah  seperti bahasa pemrograman, teori teknologi, serta keahlian membuat program berbasis komputer dan lain sebagainya. Seorang IT Consultant berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.

4. Web Engineer
Sarjana teknik informatika bisa bekerja sebagai web engineer yang bertugas membuat, merancang, mengembangkan serta memelihara sebuah website untuk perusahaan-perusahaan ataupun instansi yang membutuhkan jasa website.

5. System Analis
Sistem analis bertugas sebagai seseorang yang melakukan analisa pada sebuah instansi/perusahaan, dengan cara mengutamakan penggunaan teknologi dan memamfaatkan software  untuk membuat solusi yang lebih baik agar dapat memajukan suatu perusahaan.

6. Database Engineer
Pada database tentunya yang dibahas adalah tentang data-data. Database engineer Berperan pada perancangan, pengelolaan serta pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) dalam sebuah instansi atau perusahaan. Tugas utamanya yaitu sebagai pengembang atau pengelola data-data agar bisa dicari dengan mudah dan tidak adanya kehilangan data-data tertentu.

7. Software Tester

Software tester adalah seseorang yang memiliki tugas menguji perangkat-perangkat lunak yang dipakai dan harus memastikan bahwa sofware yang dipakai bekerja sesuai fungsinya.

8. Game Developer
Di jurusan teknik informatika tentunya diajarkan mengenai teknik grafis komputer. Dengan menguasai hal ini tentunya seorang lulusan teknik informatika memiliki modal untuk dapat membuat sebuah game. Jadi setelah menjadi sarjana teknik informatika, anda dapat membuat game dan menjualnya sehingga anda dapat memperoleh untung dari penjualan ini.

9. Computer Network
Computer network adalah pekerjaan yang bertugas untuk merancang arsitektur jaringan, merawat, serta mengelola jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan.

10. Intelligent System Develovper
Dengan berbaga ilmu yang telah didapat, seorang sarjana teknik informatika dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang bersifat intelejen, seperti system pakar, data miner, sistem prediksi, image recognizer dan lain - lain.

Jadi, jika anda berminat masuk ke teknik informatika maka jangan ragu untuk masuk ke jurusan ini. Sekian review jurusan teknik informatika dan apabila ingin review jurusan lainnya silahkan bisa request di kolom komentar. terimakasih semoga bermanfaat.

1 Response to "Kuliah di Teknik Informatika dan Prospek Kerja Teknik Informatika"

Entri Populer